Universitas
Negeri Jakarta, Senin 20 Mei 2013 pukul pukul 13.30 merupakan pertemuan ke-13
mata kuliah manajemen pemasaran program
studi manajemen pendidikan fakultas ilmu pengetahuan. yang dibimbing
oleh bapak Amri Muhammad SE, M.pd. selaku dosen. Seperti biasa proses
pembelajaran dilakukan dengan presentasi kelompok. Kali ini kelompok 11 yaitu Dwi
Sakti Nugroho, Qidham Permadi, dan Yudhi Ardiyanto yang bertugas untuk
mempresentasikan pembahasan mengenai "Perilaku konsumen ".
Dari
pembahasan yang telah dipresentasikan oleh kelompok 11 dapat diketahui bahwa
perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen atau calon
pembeli dalam merencanakan, membeli, dan menggunakan barang-barang ekonomi dan
jasa. Dalam perilaku konsumen terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi
perilaku konsumen itu sendiri. Faktor tersebut yaitu faktor internal dan faktor
eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang terdapat dalam diri konsumen seperti kebutuhan, karena setiap konsumen memiliki kebutuhan yang
berbeda-beda dalam memenuhi atau memuaskan kebutuhan hidupnya sesuai dengan
gaya hidup yang dikonsumsi oleh konsumen tersebut seperti kebutuhan fisik,
keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri. Setelah itu terdapat faktor
internal keinginan konsumen, faktor ini berkaitan dengan konsep yang diterapkan
atau dijalankan oleh konsumen tersebut yang dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu
fisik, sosial, religi, dan mental. Kemudia selanjutnya yaitu faktor internal daya
beli konsumen. Daya beli konsumen dipengaruhi oleh keadaan perekonomian
konsumen terseebut, jika keadaan perekonomiannya baik maka konsumen tidak akan
mempengaruhi harga yang mahal konsumen lebih mementingkan kualitas yang
diberikan sedangkan bagi yang keadaan perekonomiannya kurang baik konsumen akan
mempertimbangkan terlebih dahuli harga baru akan melihat kualitasnya. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang datang
dari luar diri konsumen seperti kondisi ekonomi, lingkungan ekonomi/
sosiologis, demografis, politis, budaya, dan IPTEKS.
Terdapat istilah black box dalam mempelajari perilaku konsumen,
maksudnya adalah terdapat perbedaan dalam pemikiran setiap
konsumen terhadap produk yang sama itu dikarenakan faktor selera konsumen yang
berbeda beda. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa setiap konsumen memiliki black
box tersendiri yang hanya diketahui oleh konsumen yang memiliki black box
tersebut. Maka
dari itu agar produk yang ditawarkan dapat menarik banyak konsumen yang
memiliki selera berbeda-beda maka sebisa mungkin produsen secara garis besar mempelajari
black box konsumen agar dapat menyesuaikan permintaan dan penawaran konsumen.
Demikian
postingan saya mengenai perilaku konsumen, semoga bermanfaat.
Custom T-Shirt T-Shirt #4 Titanium Phone Case - The
ReplyDeleteCustom T-Shirt titanium wok #4 titanium steel Titanium Phone titanium curling iron Case. T-Shirt #4 Titanium titanium guitar chords Phone Case. The T-Shirt #4 Titanium Phone Case. Made in titanium nitride gun coating USA. $39.99.