Saturday, May 25, 2013

report pertemuan ke-13 " perilaku konsumen "


Universitas Negeri Jakarta, Senin 20 Mei 2013 pukul pukul 13.30 merupakan pertemuan ke-13 mata kuliah manajemen pemasaran program  studi manajemen pendidikan fakultas ilmu pengetahuan. yang dibimbing oleh bapak Amri Muhammad SE, M.pd. selaku dosen. Seperti biasa proses pembelajaran dilakukan dengan presentasi kelompok. Kali ini kelompok 11 yaitu Dwi Sakti Nugroho, Qidham Permadi, dan Yudhi Ardiyanto yang bertugas untuk mempresentasikan pembahasan mengenai "Perilaku konsumen ". 
Dari pembahasan yang telah dipresentasikan oleh kelompok 11 dapat diketahui bahwa perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen atau calon pembeli dalam merencanakan, membeli, dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa. Dalam perilaku konsumen terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen itu sendiri. Faktor tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang terdapat dalam diri konsumen seperti kebutuhan, karena setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam memenuhi atau memuaskan kebutuhan hidupnya sesuai dengan gaya hidup yang dikonsumsi oleh konsumen tersebut seperti kebutuhan fisik, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri. Setelah itu terdapat faktor internal keinginan konsumen, faktor ini berkaitan dengan konsep yang diterapkan atau dijalankan oleh konsumen tersebut yang dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu fisik, sosial, religi, dan mental. Kemudia selanjutnya yaitu faktor internal daya beli konsumen. Daya beli konsumen dipengaruhi oleh keadaan perekonomian konsumen terseebut, jika keadaan perekonomiannya baik maka konsumen tidak akan mempengaruhi harga yang mahal konsumen lebih mementingkan kualitas yang diberikan sedangkan bagi yang keadaan perekonomiannya kurang baik konsumen akan mempertimbangkan terlebih dahuli harga baru akan melihat kualitasnya.  Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar diri konsumen seperti kondisi ekonomi, lingkungan ekonomi/ sosiologis, demografis, politis, budaya, dan IPTEKS.
Terdapat istilah black box dalam mempelajari perilaku konsumen, maksudnya adalah terdapat perbedaan dalam pemikiran setiap konsumen terhadap produk yang sama itu dikarenakan faktor selera konsumen yang berbeda beda. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa setiap konsumen memiliki black box tersendiri yang hanya diketahui oleh konsumen yang memiliki black box tersebut. Maka dari itu agar produk yang ditawarkan dapat menarik banyak konsumen yang memiliki selera berbeda-beda maka sebisa mungkin produsen secara garis besar mempelajari black box konsumen agar dapat menyesuaikan permintaan dan penawaran konsumen.
Demikian postingan saya mengenai perilaku konsumen, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Custom T-Shirt T-Shirt #4 Titanium Phone Case - The
    Custom T-Shirt titanium wok #4 titanium steel Titanium Phone titanium curling iron Case. T-Shirt #4 Titanium titanium guitar chords Phone Case. The T-Shirt #4 Titanium Phone Case. Made in titanium nitride gun coating USA. $39.99.

    ReplyDelete