Pengembangan bisnis jasa pendidikan
Bisnis
jasa pendidikan yang akan saya kembangan sesuai dengan tugas sebelumnya yaitu
membuat bisnis jasa pendidikan. Saya membuat bisnis jasa pendidikan yang
bergelut dalam hal kecantikan seoarang wanita. Sekolah kecantikan ini saya beri
nama “Belleza School”.
Dalam
pengembangan bisnis jasa pendidikan belleza Shool saya mengacu pada 8 tahap
proses pengembangan produk yang telah dijelaskan dalam report manajemen
pemasaran “penciptaan dan mengembangan produk. Ke-8 tahap tersebut akan saya
kaitkan dengan pengembangan bisnis jasa pendidikan Belleza shool. 8 tahap
tersebut yaitu: (1) Penciptaan ide; ide yang diciptakan yaitu membuat sekolah
kecantikan yang diberi nama belleza school, ide ini terlintas karena melihat
kebutuhan konsumen yang ingin terlihat cantik dan ilmuan yang menciptakan
alat-alat atau produk-produk kecantikan. Untuk mengoptimalkannya diperlukan
sebuah sekolah untuk membantu, membimbing dan mengarahkan mereka (konsumen)
yang ingin tampil cantik. (2) penyaringan ide; ide-ide yang bermunculan untuk
mencapai tujuan Belleza school sangat banyak untuk itu diperlukan penyaringan
ide agar mendapatkan ide yang paling menarik untuk dikembangkan sehingga tujuan
dapat tercapai dengan efektif. Dari sekian banyak ide menurut saya ide yang
paling menarik yaitu selain mengajarkan bagaimana mempercantik kepribadian
(sikap, tutur kata, dsb) Belleza School juga menjual produk kecantikan untuk
mempercantik fisik (3) pengembangan dan pengujian konsep; konsep produk belleza
adalah produk kecantikan (bedak, alas bedak, pembersih muka, lipstik,
eyeshadow, blashon, dan lain sebagainya) produk kecantika ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan
dan yang diinginkan konsumen, (4) pengembangan strategi pemasaran;
strategi-strategi belleza school untuk memperkenalkan produknya yaitu dengan
promosi, membagikan atau menyebarkan brosur-brosur dan menjadi sponsor acara
kecantikan seperti acara asian next model, miss Indonesia. (5) analisis usaha;
mengenai penjualan, biaya produksi, laba harus berkaitan dengan tujuan belleza
yang akan dicapai yaitu untuk mempercanti wani97ta luar dalam. (6) pengembangan
produk; bentuk fisik belleza school yaitu produk kecantikan. (7) Marketing
testing; membuka semacam rumah cantik belleza untuk mengenalkan produk langsung
kepada konsumen dalam rumah cantik belleza terdapat orang-orang yang memang
ahli dalam hal kecantikan untuk mendengarkan keluhan konsumen tentang
kecantikan sehingga dapat membantu konsumen dengan produk yang dimiliki oleh
belleza dan memberitahu kepada konsumen tentang produk-produk yang dikembangkan
oleh belleza. (8) komersialisasi, belleza mesanan bahan dari perlengkapan
produksi, memulai produksi, membangun persediaan, mengirim produk kedaerah
distribusi, pelatihan tenaga penjualan, memperkenalkan produk baru ke pasar,
dan periklanan yang diarahkan kepada calon konsumen.
Dengan
melakukan tahapan-tahapan pengembangan produk diatas diharapkan eksistensi
“Belleza School” akan terus bertahan bahkan meningkat dan dapat mencapai tujuan
dengan efektif dan efisien.
No comments:
Post a Comment