Jakarta, 22 april 2013 Universitas Negeri Jakarta fakultas ilmu pendidikan program studi manajemen pendidikan matakuliah manajemen pemasaran merupakan pertemuan ke sembilan yang membahas tentang Distribusi, Franchising, dan Multi Level Marketing yang dipresentasikan oleh Risky Nuria Pardede, Leni Indriyani dan Yolla Fitriani serta dibimbing langsung oleh bapak Amril Muhammad, SE, M.pd. selaku dosen mata kuliah manajemen pemasaran.
Dalam pembahasan dapat diketahui pengertian serta aspek-aspek yang terdapat dalam distribusi, franchising, dan multi level marketing. yaitu:
Distribusi
Distribusi merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan. Seseorang atau sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrik ke pengecer. Distribusi merupakan aspek yang penting dalam pemasaran karena tanpa adanya distribusi tidak akan ada yang menghantarkan atau menyalurkan sebuah produk kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung karena peran distributor adalah untuk membantu pemasar agar lebih mudah memasarkan produknya kepada konsumen. Dalam menyalurkan sebuah produk kepada konsumen ada 2 macam cara yang digunakan yaitu, pertama distribusi langsung yaitu distribusi yang dapat dilakukan langsung dari produsen ke konsumen (selling trough mail, selling at the point production, selling door to door) dan yang kedua distribusi tidak langsung yaitu kegiatan distribusi menggunakan perantara dalam penjual produknya seperti agen. Sebuah perusahaan memerlukan distribusi dalam kegiatan pemasarannya agar penjualan menjadi efektif dan efisien.
Franchising
Merupakan strategi baru dalam pendistribusian dengan menggunakan sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dimana perusahaan menggunakan nama dan produk atau jasa yang sama dengan manajemen dan kepemilikkannya diatur oleh pembeli hak waralaba berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan dalam kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran dapat dikatakan franchise jika sebuah perusahaan memiliki tradename, trade/ service mark,
patent, trade secret, dan know-how. Terdapat dua jenis franchising yaitu dalam negeri (indomart, alfamart) dan luar negeri (Mcdonald, seven eleven).
Sebuah perusahan franchise yang menambahkan produk baru maka harus membayar royalti kepada pihak manajemen.
Multi Level Marketing (MLM)
Multi level marketing (MLM) juga merupakan strategi baru dalam distribusi suatu produk. MLM adalah pemasaran yang banyak jenjang karena merupakan sistem penjualan berkelompok melalui keanggotaan yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat sehingga lebih mengutamakan kebersamaan dalam pencapai tujuan perusahaan. Perusahaan yang menerapkan sistem MLM akan memberikan bonus atau komisi jika anggotanya berhasil mencapai target atau lebih dan dapat mengajak orang lain untuk bergabung dalam perusahannya dengan demikian anggota MLM harus mempunyai motivasi yang tinggi jika ingin mendapatkan komisi atau bonus.
Sebuah peruahaan menerapkan sistem MLM dengan berbagai alasan, diataranya yaitu pembiayaan overhead dalam MLM rendah karena tidak memerlukan biaya untuk periklanan untuk menarik konsumen.
No comments:
Post a Comment