Sunday, March 31, 2013


Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah kumpulan variable atau kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan pada target pasar atau pasar sasaran. Variable-variable tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan untuk mendapatkan kombinasi bauran pemasaran. Sebuah konsep marketing mix secara sederhana dapat diibaratkan seperti sebuah kue yang terdiri dari tepung, telur, dan gula. Bila kita ingin menambahkan rasa manis maka tinggal menambahkan rasa gula. Demikian pula dengan strategi bauran pemasaran atau marketing mix bila produsen ingin menaikkan citra merek kedalam benak konsumen langkah yang dapat dilakukan adalah meningkatkan promosi. Bauran pemasaran yang efektif menjadi basis strategi perusahaan dalam pelaksanaan program pemasarannya.
Penetapan strategi bauran pemasaran pada dasarnya dilakukan setelah perusahaan melakukan kegiatan segmentasi, penentuan pasar sasaran dan positioning. Penetapan strategi bauran pemasaran harus disesuaikan dengan pasar sasarannya. Misal perusahaan melancarkan produk baru pada segmen pasar menengah keatas maka sebaikknya perusahaan mengembangkan produk khusus dengan harga tinggi, pendistribusian terbatas, dan dipromosikan melalui media eksklusif.
http://ebizconsultants.files.wordpress.com/2013/02/marketing-mix.jpg
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk bauran pemasaran :
Dari sudut pandang penjual :
  1. Tempat yang strategis (place),
  2. Produk yang bermutu (product),
  3. Harga yang kompetitif (price), dan
  4. Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  2. Biaya konsumen (cost to the customer),
  3. Kenyamanan (convenience), dan
  4. Komunikasi (comunication).
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Karena itu dalam pembauran pemasaran terdapat 4 komponen yang saling mempengaruhi. sehingga semuanya penting sebagai satu kesatuan stategi. Strategi bauran pemasaran ini merupakan bagian dari strategi pemasaran, dan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan unsur-unsur atau variable-variable pemasaran yang dapat dikendalikan pimpinan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. ke-empat komponen tersebut yaitu:
1.      Product (produk)
Produk merupakan salah satu unsur yang penting dalam marketing mix karena dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya . Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen sehingga memberikan kepuasan terhadap konsumen.
2.      Price (harga)
Harga merupakan komponen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan dan merupakan kompenen bauran pemasaran yang paling fleksibel. Karena harga dapat diubah dengan cepat, beda halnya dengan produk dan distribusi.
3.      Place (distribusi)
Komponen lain dalam marketing mix adalah place atau disebut juga saluran distribusi. Sebagian besar produsen tidak langsung menjual produknya kekonsumen. Mereka menggunakan perantara. Melalui kegiatan distribusi akan terjalin ikatan antara supplier, perantara, dan pelanggan karena distribusi merupakan bagian dari proses pertukaran dalam pemasaran dan melibatkan perpindahan secara fisik atas barang dan jasa dari produsen kekonsumen serta melibatkan perantara yang memiliki peran penting.
4.      Promotion (promosi)
Promosi melibatkan komunikasi informasi untuk membantu orang menemukan produk, dan membantu pemasar menemukan pelanggannya. Promosi juga dilakukan untuk menciptakan positioning dan  citra produk. Keunggulan dari kegiatan promosi adalah: 1) menciptakan citra merek. 2) mengokunikasikan keunggulan produk dan jasa. 3) menciptakan perhatian atas produk baru. 4) menjaga kepopuleran produk dan jasa. 5) menciptakan kesetiaan konsumen.  

Secara ringkas antara variables yang dimaksudkan bagi setiap komponen ialah
Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa bauran pemasaran sangat diperlukan pada sebuah perusahaan karena merupakan strategi  yang dijalankan perusahaan,  yang berkaitan dengan penentuan, bagaimana perusahaan  menyajikan penawaran produk pada satu segmen pasar tertentu, yang merupakan sasaran pasarannya.



No comments:

Post a Comment