Bauran Pemasaran
Bauran
pemasaran adalah kumpulan variable atau kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya
pencapaian tujuan perusahaan pada target pasar atau pasar sasaran.
Variable-variable tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan untuk mendapatkan
kombinasi bauran pemasaran. Sebuah konsep marketing mix secara sederhana dapat
diibaratkan seperti sebuah kue yang terdiri dari tepung, telur, dan gula. Bila
kita ingin menambahkan rasa manis maka tinggal menambahkan rasa gula. Demikian
pula dengan strategi bauran pemasaran atau marketing mix bila produsen ingin
menaikkan citra merek kedalam benak konsumen langkah yang dapat dilakukan
adalah meningkatkan promosi. Bauran pemasaran yang efektif menjadi basis
strategi perusahaan dalam pelaksanaan program pemasarannya.
Penetapan
strategi bauran pemasaran pada dasarnya dilakukan setelah perusahaan melakukan
kegiatan segmentasi, penentuan pasar sasaran dan positioning. Penetapan
strategi bauran pemasaran harus disesuaikan dengan pasar sasarannya. Misal
perusahaan melancarkan produk baru pada segmen pasar menengah keatas maka
sebaikknya perusahaan mengembangkan produk khusus dengan harga tinggi,
pendistribusian terbatas, dan dipromosikan melalui media eksklusif.
Berikut ini adalah hal-hal yang
perlu diperhatikan untuk bauran pemasaran :
Dari
sudut pandang penjual :
- Tempat yang strategis (place),
- Produk yang bermutu (product),
- Harga yang kompetitif (price), dan
- Promosi yang gencar (promotion).
Dari
sudut pandang konsumen :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
- Biaya konsumen (cost to the customer),
- Kenyamanan (convenience), dan
- Komunikasi (comunication).
Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep
pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price),
pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang
bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar.
Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran
agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Karena
itu dalam pembauran pemasaran terdapat 4 komponen yang saling mempengaruhi. sehingga
semuanya penting sebagai satu kesatuan stategi. Strategi bauran pemasaran ini
merupakan bagian dari strategi pemasaran, dan berfungsi sebagai pedoman dalam
menggunakan unsur-unsur atau variable-variable pemasaran yang dapat
dikendalikan pimpinan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. ke-empat
komponen tersebut yaitu:
1. Product
(produk)
Produk merupakan salah
satu unsur yang penting dalam marketing mix karena dapat mempengaruhi strategi
pemasaran lainnya . Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke dalam
pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen sehingga memberikan
kepuasan terhadap konsumen.
2. Price
(harga)
Harga merupakan
komponen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan dan merupakan kompenen
bauran pemasaran yang paling fleksibel. Karena harga dapat diubah dengan cepat,
beda halnya dengan produk dan distribusi.
3. Place
(distribusi)
Komponen lain dalam
marketing mix adalah place atau disebut juga saluran distribusi. Sebagian besar
produsen tidak langsung menjual produknya kekonsumen. Mereka menggunakan
perantara. Melalui kegiatan distribusi akan terjalin ikatan antara supplier,
perantara, dan pelanggan karena distribusi merupakan bagian dari proses
pertukaran dalam pemasaran dan melibatkan perpindahan secara fisik atas barang
dan jasa dari produsen kekonsumen serta melibatkan perantara yang memiliki
peran penting.
4. Promotion
(promosi)
Promosi melibatkan
komunikasi informasi untuk membantu orang menemukan produk, dan membantu
pemasar menemukan pelanggannya. Promosi juga dilakukan untuk menciptakan
positioning dan citra produk. Keunggulan
dari kegiatan promosi adalah: 1) menciptakan citra merek. 2) mengokunikasikan
keunggulan produk dan jasa. 3) menciptakan perhatian atas produk baru. 4)
menjaga kepopuleran produk dan jasa. 5) menciptakan kesetiaan konsumen.
Secara ringkas antara variables
yang dimaksudkan bagi setiap komponen ialah
Dari penjelasan
diatas dapat diketahui bahwa bauran pemasaran sangat diperlukan pada sebuah
perusahaan karena merupakan strategi yang dijalankan perusahaan,
yang berkaitan dengan penentuan, bagaimana perusahaan menyajikan
penawaran produk pada satu segmen pasar tertentu, yang merupakan sasaran
pasarannya.
No comments:
Post a Comment